LOKALATE Ajak Anak Muda Indonesia Dukung Teman-Teman Difabel melalui Gerakan #SobatMelekInklusif

Dalam rangka Hari Donasi Online Nasional (HARDOLNAS) 2021 yang bertepatan dengan bulan Ramadan, LOKALATE mengajak anak muda Indonesia untuk mendukung teman-teman difabel melalui gerakan #SobatMelekInklusif. Hal ini diungkapkan pada 27 April 2021, dalam acara Konferensi Pers Virtual LOKALATE.

Gerakan #SobatMelekInklusif meliputi dua program utama. Yang pertama adalah program ‘LOKALATE Inclusive Entrepreneurship’, yang merupakan program pendampingan bisnis dan mentoring bagi café-café difabel di Indonesia yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi. Yang kedua, LOKALATE juga mendukung kampanye crowdfunding ‘Ramadan Difabel Berdaya’, sebuah gerakan Top Up Donation yang dilaksanakan oleh Kitabisa.com dalam rangka HARDOLNAS (Hari Donasi Online Nasional) 2021 untuk mengajak masyarakat ikut berdonasi bagi teman-teman pedagang yang difabel. Konferensi Pers LOKALATE ini menghadirkan 3 narasumber yang sangat keren lho Nutrifriends, yaitu Jesaya Christian(Brand Manager LOKALATE), Sri Ayu (Barista Café More Bandung) yang merupakan penyandang difabel sensorik netra, dan Marisa Thara Wardhani (Head of Brand Partnership Kitabisa.com).

Jesaya (Brand Manager LOKALATE) mengatakan, “Tidak dapat dipungkiri, masa pandemi memiliki dampak yang sangat besar bagi berbagai kalangan, termasuk bagi teman-teman difabel. Di masa penuh tantangan ini, LOKALATE sangat terinspirasi dengan semangat juang dari teman-teman difabel yang terus berusaha untuk bertahan di masa pandemi, dan inilah mengapa kami tergerak untuk mengadakan gerakan #SobatMelekInklusif untuk mengajak anak muda Indonesia menumbuhkan nilai-nilai inklusif dan peduli bagi teman-teman difabel dalam berbagai bentuk.”

Sejak awal 2021, LOKALATE berkolaborasi dengan berbagai komunitas difabel dan menjalankan Inclusive Entrepreneurship Program bagi café-café difabel yang terdampak pandemi. Harapannya melalui pendampingan dan mentoring ini, teman-teman difabel bisa terbantu secara bisnis sehingga makin dikenal banyak orang dan membantu memulihkan kondisi ekonomi mereka serta menginspirasi anak-anak muda untuk mendukung komunitas difabel di lingkungan mereka.

Dukungan yang dilakukan LOKALATE meliputi pendampingan dan mentoring dari sisi bisnis, manajemen operasi, service excellence, product development, promosi menggunakan media sosial, pendaftaran di aplikasi layanan pemesanan makanan minuman secara online, serta endorsement oleh influencer dan food blogger. Salah satu café yang tergabung dalam program ini adalah Café More Bandung, sebuah café yang berlokasi di Jl. Padjajaran Bandung dan merupakan bagian dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Difabel Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung.

Sri Ayu (Barista Café More) mengatakan, “Selama masa pandemi, traffic di Café More Bandung sangat terdampak dan berakibat pada penurunan pemasukan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, mewakili teman-teman yang bekerja di Café More, kami merasa bersyukur atas kepedulian dan dukungan dari tim LOKALATE di Bandung dalam melakukan program pendampingan dan mentoring bisnis bagi kami, baik dari sisi promosi dan pemasaran secara digital, pendaftaran di aplikasi pemesanan makanan minuman online, hingga belajar tentang manajemen arus kas dan operational excellence. Saat ini café kami makin dikenal masyarakat Bandung, meningkatkan jumlah pengunjung ke café kami serta meningkatkan omzet kami. Kami berharap kami dapat terus beroperasi secara optimal.”

Selain Café More Bandung, LOKALATE juga memberdayakan café di wilayah lainnya, misalnya Kito Rato Coffee oleh Komunitas Difabel Kita Setara Indonesia di Tangerang. Rencananya, LOKALATE juga akan melakukan pendampingan dan mentoring bisnis bagi café difabel di area lain seperti di DAP Cooking dan Dapur Cinta Tuli (Tangerang), Sunyi House of Coffee & Hope (Jakarta), Kopi Tuli (Depok), Cupable Coffee (Yogaykarta), PSLD Unesa (Surabaya), Rumah Kreatif Pintar (Banjarmasin), Inbis Permata Bunda (Bontang), Rumah Bisabilitas (Denpasar), Kedai Koliong (Pekanbaru), dan Donat Tuli (Makassar).

Marisa Thara Wardhani (Head of Brand Partnership Kitabisa.com) mengatakan, “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan banyak #BrandBaik, salah satunya kolaborasi dengan LOKALATE di HARDOLNAS 2021. Memang tidak dipungkiri, teman-teman difabel adalah salah satu kelompok yang paling rentan dan terdampak, baik secara ekonomi maupun sosial. Sementara itu, kami juga percaya bahwa sebenarnya banyak #OrangBaik di Indonesia, termasuk anak muda yang ingin membantu. Kami percaya bahwa gerakan positif seperti #SobatMelekInklusif dari LOKALATE ini dapat menjadi platform nyata dan penjembatan bagi para #OrangBaik di Indonesia untuk berkontribusi bagi para komunitas difabel yang ada di berbagai kota di Indonesia.”

HARDOLNAS 2021 untuk kampanye ‘Ramadan Difabel Berdaya’ berjalan mulai dari tanggal 30 April hingga 7 Mei ini dan dipromosikan melalui sosial media LOKALATE maupun aplikasi Kitabisa.com. Yang menarik dari program ini adalah setiap donasi yang diberikan akan dilipatgandakan oleh LOKALATE. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke para teman-teman difabel di area Jakarta dan sekitarnya, misal dalam bentuk modifikasi kendaraan khusus, kaki palsu, ataupun kebutuhan lainnya untuk mendukung kegiatan usaha mereka.

Yuk ikut berdonasi dalam program Ramadan Difabel Berdaya! Caranya mudah banget, NutriFriends!

a. Kunjungi https://kitabisa.com/dukungdifabelberdaya

b. Klik ‘Donasi Sekarang’

c. Masukkan nominal donasi yang ingin diberikan

d. Pilih metode pembayaran donasi (virtual account, instant payment seperti GoPay, transfer bank, CC)

e. Ikuti instruksi pembayaran

Semoga program ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi teman-teman difabel! 😊